Ucapan Hari Kemerdekaan

Ucapan Hari Kemerdekaan, hari ini merupakan hari kemerdekaan bagi bangsa indonesia yang ke-65 yaitu di peringati setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, nah ada berita unik yang berita internet ambil dari sitenya kompasiana, yaitu tentang Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan. Petikan beritanya sebagai berikut :

Dulu, tiap libur hari-hari besar nasional, saya dan teman-teman punya kebiasaan saling berkirim SMS, seolah-olah sedang libur hari raya. Misalnya hari kartini, kita ngirim SMS, “Selamat hari Kartini ya!”. Atau pas hari pahlawan, juga begitu, “Selamat hari pahlawan, Ya!” Tak terkecuali kalau 17-an. Sambil tiduran di kamar kos, lantaran malas ikut-ikut lomba, kami saling berkirim SMS, “Selamat hari kemerdekaan RI!”.

Bila bertemu muka, kami akan bersalam-salaman. Memasang senyum yang dibuat-buat, saling mengucapkan selamat. Dulu, itu salah satu lelucon favorit. Jangan ditanya letak lucunya dimana, soalnya sekarang saya lupa, jadi bingung sendiri. Saya lupa kenapa dulu kami mudah tertawa-tawa dengan lelucon macam itu.

Sampai akhirnya, tadi ada satu SMS serupa masuk, “selamat hari kemerdekaan RI”. Saya masih bisa tertawa membaca itu, walau sebentar. Tawa yang muncul, lebih kepada nostalgia, bukan kepada teks SMS itu sendiri. Saya baca teks itu lama-lama, lalu terpikir, mungkin juga teman saya itu mengirimkan SMS demikian, bukan dalam rangka bercanda. Ketika saya tanyakan itu padanya via telepon, yang bersangkutan malah ngakak, tertawa jauh lebih kencang daripada tawa kami dulu..

Dari pembicaraan via telepon itu, samar-samar saya ingat. kalau nggak salah, lelucon kami itu dulu didasari oleh anggapan bahwa perayaan hari besar nasional itu semu. Menganggap seolah hari-hari semacam hari kartini, hari pahlawan, atau hari kemerdekaan seperti itu tidak perlu dirayakan. Bukan tidak perlu diperingati, tapi tidak perlu dirayakan dengan perayaan yang aneh.

Misalnya hari kartini, ya nggak perlu sampai ada lomba memakai kebaya. Atau waktu tujuh belas agustus begini. Dulu pernah ada yang bikin acara panggung band disaksikan oleh pak lurah, beberapa band yang tampil, membawakan lagu sweet child o’mine nya GNR. he he.

Beberapa tahun terakhir memang sudah tidak ada sms semacam itu lagi. Kami masing-masing sudah dewasa (ciee!) dan tenggelam dalam kesibukan masing-masing. Sekalipun kami masih berada disatu kota, Jakarta. Tapi, Jakarta agaknya memang kota yang tepat untuk menenggelamkan teman. Sekarang, saya tidak mengucapkan selamat hari kemerdekaan kepada teman-teman, bahkan dalam rangka bercanda sekalipun.

Metallica Nyanyi Buka Dikit Joss

Related Posts by Categories



No comments:

Post a Comment